» » Mahfud MD Pendekar Hukum


Dari Pesantren Untuk Indonesia
Memang banyak sekali pakar,praktisi Hukum di Indonesia,Tapi nama Moh.Mahfud MD sepertinya patut jadi idola kita ,Beliau mempunyai sepak terjang yang mengesankan sekali didalam dunia hukum di Indonesia.Keterbukaan & kelugasannya dalam menanggapi setiap perkara patut di hargai.

Moh.Mahfud MD adalah seorang tokoh yang bersih,tegas,lugas,sederhana,dan sangat berkomitmen tinggi ,tokoh seperti ini yang di perlukan Republik ini. 


Berikut ini Profilnya        :

Nama                            : Prof. Dr. Mohammad Mahfud M.D., S.H., S.U.
Alamat                          : Jl. Medan Merdeka Barat No.6 Jakarta Pusat
Tempat/Tanggal Lahir     : Sampang, Madura / 13 Mei 1957
Agama                          : Islam
Jabatan                         : Ketua Mahkamah Konstitusi RI


Pendidikan     
1. Madrasah Ibtida'iyah di Pondok Pesantren al Mardhiyyah, Waru, Pamekasan, Madura.
2. SD Negeri Waru Pamekasan, Madura.
3. Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN), SLTP.
4 Tahun, Pamekasan Madura 4. Pendidikan Hakim Islam Negeri (PHIN), SLTA 3 Tahun, Yogyakarta.
5. S1 Fakultas Hukum, Jurusan Hukum Tata Negara, Universitas Islam Indonesia (UII),Yogyakarta.
6. S1 Fakultas Sastra dan Kebudayaan (Sasdaya) Jurusan Sastra Arab, UniversitaGajah Mada, Yogyakarta.
7. Program Pasca Sarjana S2, Ilmu Politik, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.
8. Program Doktoral S3, Ilmu Hukum Tata Negara, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Karir     
H Moh Mahfud MD lebih dikenal sebagai staf pengajar dan Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta sejak tahun 1984. Sebelum menjabat sebagai Hakim Konstitusi Prof Mahfud MD pernah menjabat sebagai Menteri Pertahanan RI (2000-2001), Menteri Kehakiman dan HAM (2001), Wakil Ketua Umum Dewan Tanfidz DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) (2002-2005), Rektor Universitas Islam Kadiri (2003-2006), Anggota DPR-RI, duduk Komisi III (2004-2006), Anggota DPR-RI, duduk Komisi I (2006-2007), Anggota DPR-RI, duduk di Komisi III (2007-2008), Wakil Ketua Badan Legislatif DPR-RI (2007-2008), Anggota Tim Konsultan Ahli Pada Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Depkum-HAM Republik Indonesia. Selain itu, beliau juga masih aktif mengajar di Universitas Islam Indonesia (UII), UGM, UNS, UI, Unsoed, dan lebih dari 10 Universitas lainnya pada program Pasca Sarjana S2 & S3. Mata kuliah yang diajarkan adalah Politik Hukum, Hukum Tata Negara, Negara Hukum dan Demokrasi serta pembimbing penulisan tesis dan desertasi.
Organisasi     Mahkamah Konstitusi RI

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD terpilih sebagai tokoh terpopuler di media online tahun ini.Pusat Advokasi dan Riset Rakyat Indonesia (PARRA) dalam risetnya selama Mei 2011 lalu, telah melakukan pemantauan terhadap 10 media online di Indonesia. Dari hasil survei tersebut disebutkan nama Mahfud MD selalu menjadi tokoh yang terpopuler dan selalu mendapatkan pemberitaan positif di media massa.

About Raden Santri

Ingsun niki sanes Kyai dudu jawara, mung wong desa sing seneng kyai.

"saya hanyalah seorang santri dari sebuah pondok pesantren disebuah desa, bukan ahli agama, bukan pula jawara. Aku hanyalah seorang santri dari para kyai"

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply